Makanan Antitua

21 April 2009 at 22:54 1 komentar

buah-beriTak cuma wanita, kaum pria juga tak mau wajahnya kelihatan tua. Buah berry ditengarai mampu mempertahankan elastisitas kulit

Hidayatullah.com–Ada enam kelompok makanan yang memiliki kekuatan untuk membantu menghindari kerut-kerut tua di wajah atau penuaan lebih dini. Para periset di AS mengingatkan masyarakat agar memiliki pola makan yang baik sepanjang hari, entah itu makanan kecil atau makanan wajib seperti nasi dan laukpauknya.

Memenuhi piring Anda dengan buah-buahan dan sayur-sayuran dianggap periset sebagai hal penting saat memasuki program diet atau berkeinginan menurunkan berat badan. Masalahnya makanan sejenis itu mengandung rendah kalori, tinggi nutrisi dan mampu membuat perut cepat terasa kenyang.

Tapi riset terbaru menyebutkan makanan tertentu dapat memberi keuntungan mengejutkan seperti mencegah penuaan lebih dini atau kerut-kerut tua pada wajah. Makanan ini disebut ‘makanan anti-tua’.

Makanan dimaksud di antaranya buah arbei yang juga potensi sebagai pendorong daya ingat. Buah sejenis berry dikenal kaya zat anti-oksida.

Menurut periset Navindra P. Seeram, asisten guru besar di University of Rhode Island College of Pharmacy di Kingston, AS, kaya zat bermaksud dapat menghambat radikal maupun molekul bebas yang menyebabkan penyebaran kerusakan sel dan berkaitan dengan peradangan kronis.

Tak seperti peradangan, yang terjadi ketika mengalami gangguan otot atau pergelangan kaki, kerusakan sel dapat menjadikan penuaan bersifat persisten atau tetap dan dianggap sebagai akar dari penyakit-penyakit paling kronis seperti kanker, jantung, diabetes, alzheimer (pelupa berat), sendi dan osteoporosis, Bonus kecantikan berry antara lain kaya vitamin C, berpotensi untuk anti-oksida lainnya yang bisa membantu mempertahankan keelastisan kulit, melicinkan kulit sehingga tetap kelihatan muda dengan memerangi radikal bebas perusak kulit.

Sedangkan agar daya lihat mata tetap tajam, banyaklah komsumsi daun-daunan warna hijau gelap yang menjadi sumber utama “lutein dan “zeaxanthin”, pigmen tumbuhan yang melindungi mata dari pengaruh berbahaya sinar ultraviolet.

Daun-daunan warna hijau juga kaya vitamin K, nutrisi yang memainkan peran dalam mengurangi gangguan tulang dan mencegah kerapuhan tulang. Lalu apa lagi jenis makanan yang tepat tersebut?

Cobalah makan malam hanya dengan protein. Komponen diet kunci ini menjadi lebih penting saat usia memasuki 40 ketika massa otot mulai menurun hingga 1% dalam satu tahun. Penurunan ini melambankan metabolisme yang membuat lemak bertumpuk sehingga memicu kenaikan berat badan dengan mudah.

Konsekuensi kenaikan berat badan yakni membuat kesehatan berisiko atau dapat menghadapi berbagai penyakit. [msn/www.hidayatullah.com]

Entry filed under: Uncategorized. Tags: , , , , , , , , .

Hujan Jadikan Manusia Lebih Pintar Anak Perempuan lebih memberikan kebahagiaan?

1 Komentar Add your own

  • 1. soto banjar  |  11 November 2009 pukul 08:12

    Makasih atas infonya..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Random Ayat Alqur’an

Asmaul Husna

Arsip

Add to Technorati Favorites

Jumlah Pengunjung

  • 109,641
Join My Community at MyBloglog!

Masukkan Code ini K1-F9A1B6-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

my tweet


%d blogger menyukai ini: